Selasa, 23 Februari 2016

Apa yang dimaksud dengan Administrasi?




Disini saya akan memaparkan pengertian dari Administrasi. Pengertian Administrasi ini saya peroleh dari dua sumber. Yaudah yuk langsung kita simak pengertiannya ^^

Nah, Pengertian Administrasi itu dibagi menjadi dua yaitu:
A. Pengertian Administrasi dalam arti Luas
B Pengertian Administrasi dalam arti sempit

A. Pengertian Administrasi dalam arti Luas

Sebelum memasuki pengertian Administrasi secara luas dan menyeluruh, saya akan mencantumkan pengertian Administrasi dari beberapa Ahli, guna memudahkan pemahaman kita mengenai pengertian Administrasi secara luas ini.

1. Menurut Prajudi Atmosudirjo 
Administrasi merupakan suatu fenomena sosial, yaitu perwujudan tertentu di dalam masyarakat modern. Eksistensi administrasi ini berkaitan dengan organisasi. Jadi, barangsiapa hendak mengetahui adannya administrasi dalam masyarakat ia harus mencari terlebih dahulu suatu organisasi yang masih hidup, di situ terdapat administrasi.

2. Menurut Sondang P. Siagan
Administrasi adalah keseluruhan proses pelaksanaan dari keputusan-keputusan yang telah diambil dan pelaksanaan itu pada umumnya dilakukan oleh dua orang manusia atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

3. Menurut Hadari Nawawi
Administrasi adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan sebagai proses pengendaliaan usaha kerja sama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dari definisi para ahli tersebut, bahwa pada prinsipnya pengertian Administrasi memiliki pengertian yang sama yaitu: 

a. Kerja sama
b. Banyak orang dan
c, Untuk mencapai tujuan bersama

Sehingga pengertian Administrasi secara luas dapat kita ketahui secara ringkas yaitu :
Sesungguhnya istilah administrasi berhubungan dengan kegiatan kerja sama yang dilakukan manusia atau sekelompok orang hingga tercapai tujuan yang diinginkan. Kerja sama adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang secara bersama-sama, teratur dan terarah berdasarkan pembagian tugas sesuai dengan kesepakatan bersama. Adapun ilmu yang mempelajari fenomena kerja sama yang bersifat kooperatif dan terorganisasi untuk mencapai tujuan adalah ilmu administrasi. ( Berasal dari lata Administration: Bahasa Inggris)
Berdasarkan uraian di atas dapat dirinci beberapa ciri pokok untuk disebut sebagai administrasi, yaitu:
1. Sekelompok orang; artinya kegiatan administrasi hanya mungkin terjadi jika dilakukan lebih dari satu orang.
2. Kerja sama; artinya kegiatan administrasi hanya mungkin terjadi jika dua orang atau lebih bekerja sama.
3. Pembagian tugas; artinya kegiatan administrasi bukan sekadar kegiatan kerja sama, melainkan kerja sama tersebut harus didasarkan pada pembagian kerja yang jelas.
4. Kegiatan yang runtut dalam suatu proses; artinya kegiatan administrasi berlangsung dalam tahapan-tahapan tertentu secara berkesinambungan.
5. Tujuan; artinya sesuatu yang diinginkan untuk dicapai memlalui kegiatan kerja sama.

Adapun unsur-unsur Administrasi secara luas yaitu:
a. Pengorganisasian
b. Manajemen
c. Tata Hubungan
d. Keuangan
e. Perbekalan
f. Tata Usaha
g. Perwakilan.

B. Pengertian Administrasi dalam arti Sempit
Administrasi dalam arti sempit ini berasal dari kata Administratie dari bahasa Belanda, yang meliputi kegiatan catat mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda dsb, yang bersifat teknis ketatausahaan (clerical work). Dengan demikian tata usaha adalah bagian kecil kegiatan dari Administrasi, Administrasi dalam arti sempit merupakan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan maksud untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam hubungannya satu sama lain. 
Sehingga pengertian Administrasi dalam arti sempit ini lebih tepat disebut dengan istilah “Tata Usaha”. Tata Usaha ini merupakan salah satu dari unsur pelaksanaan Administrasi secara luas. Kegiatan Tata Usaha ini dapat dirangkum dalam tiga kelompok, yaitu:
1. Korespondensi (correspondence) atau surat-menyurat yaitu rangkaian aktivitas yang berkenaan dengan pengiriman informasi secara tertulis mulai dari penyusunan, penulisan sampai dengan pengiriman informasi hingga sampai kepada pihak yang dituju.
2. Ekspedisi (expedition), yaitu aktivitas mencatat setiap informasi yang dikirim atau diterima, baik untuk kepentingan intern maupun ekstern.
3. Pengarsipan (filing), yaitu suatu proses pengaturan dan penyimpanan informasi secara sistematis sehingga dapat dengan mudah dan cepat ditemukan setiap diperlukan.



Sumber :
1. "Sistem Administrasi Negara, Republik Indonesia (SANRI)" karangan Drs. H. Inu Kencana Syafile, M. Si, penerbit PT. Bumi Aksara, Jakarta.

2. http://edimansure.blogspot.co.id/2013/02/administrasi-dalam-arti-sempit-dan-luas.html


Terimakasih sudah membaca ^,^





2 komentar:

Camelia mengatakan...

Keren! Aku pernah pake template ini juga, sisi~
Semangat ngresumenya! Ilmu anyar deh.. :D

Unknown mengatakan...

Ahehe. Dan sekarang aku yang make templete ini sistaa :D Bismillah.

Posting Komentar